Minggu, 17 Maret 2019

Bank Sampah Dawis Kemuning Timbang Sampah

Timbang Sampah: Fasilitator Rumah Zakat, Dwi Pujiyanto mencatat hasil timbangan sampah yang dikumpulkan oleh warga di posko pengumpulan sampah Dawis Kemuning RT 03 RW 09.
Salatiga-Setiap tiga minggu sekali, pengepul sampah datang ke rumah di Jalan Sumantri Raya No. 14 RT 03 RW 09 Perum Griya Dukuh Asri Salatiga untuk menimbang sampah dari Bank Sampah Dawis Kemuning. Seperti pada hari Minggu (3/3) kemarin, pada pukul 10.00 WIB, pengepul sampah, Sumarna sudah hadir untuk menimbang sampah di posko sampah Dawis Kemuning, tepatnya di rumah Relawan Inspirasi Rumah Zakat, Dwi Pujiyanto.

Dwi Pujiyanto, Relawan Inspirasi Rumah Zakat sangat mendukung kegiatan bank sampah yang sudah berjalan lumayan lama ini. Bahkan pengurus dari bank sampah di wilayah RT nya tersebut sudah terdaftar di kelurahan. Kegiatan dari Bank Sampah Dawis Kemuning ini diantaranya pengumpulan dan penimbangan sampah setiap tiga minggu sekali. Hasil dari penjualan sampah tersebut sebagian dimanfaatkan untuk pengelolaan dan perawatan kebun gizi.

“Bank Sampah Dawis Kemuning sudah berjalan lumayan lama. Rumah Zakat sangat mendukung program tersebut. Rumah kami dijadikan posko bank sampah, tempat para anggota mengumpulkan sampah. Selain itu, Rumah Zakat juga memberikan bantuan bibit tanaman untuk kebun gizi. Karena Dawis Kemuning ini menjadikan program bank sampah untuk support kebun gizi yang mereka kelola,” kata Dwi Pujiyanto.

Tukiyem, salah satu penanggungjawab bank sampah mengatakan bahwa setiap tiga minggu sekali saat penimbangan sampah, seluruh anggota wajib mengumpulkan sampah baik dalam jumlah banyak maupun sedikit. Pada kesempatan itu bank sampah mendapatkan uang Rp55.950 hasil dari sampah yang dikumpulkan. Semuanya tercatat pada buku bank sampah,” kata Tukiyem.

Program bank sampah merupakan program yang sangat mendukung kelestarian lingkungan. Dengan kegiatan itu memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa masih ada banyak jenis sampah yang masih ada nilainya manakala dikelola dengan baik. Selain itu kegiatan bank sampah juga mensupport pemerintah kota dalam mempertahankan piala adipura.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kang Dwi I Inspirasi Indonesia

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini