Rabu, 21 Februari 2018

Pasca Libur Semester, Program Tahsin Al-Quran bagi Mahasiswi Berjalan Kembali

Relawan Inspirasi Yayasan Desa Berdaya sedang memberikan penilaian terhadap para mahasiswi yang mengikuti program Tahsin Al-Quran di Wisma Safira, Rabu malam (21/2).
Salatiga-Relawan Inspirasi Yayasan Desa Berdaya, Dwi Pujiyanto kembali melanjutkan program tahsin Al-Quran yang menyasar sejumlah mahasiswi, Rabu (21/2) pasca liburan semester perkuliahan. Rata-rata mereka dari luar Kota Salatiga. Sehingga pada masa libur semester yang hampir dua bulan, mereka habiskan waktu di kampung halaman.
Program pendalaman membaca Al-Quran ini merupakan permintaan dari sebanyak 11 mahasiswi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga yang mereka menyewa sebuah rumah di daerah Jalan Kasuari Sidomukti, Salatiga untuk ditempati sebagai wisma. Untuk mengisi kegiatan pada malam hari, mereka mendatangkan beberapa narasumber untuk memberikan tambahan wawasan keagamaan, salah satunya program tahsin Al-Quran.
Dwi Pujiyanto, Relawan Inspirasi Yayasan Desa Berdaya mengatakan bahwa para mahasiswi yang tinggal di Wisma Safira meminta untuk diadakan program tahsin Al-Quran ini bukan berarti mereka belum bisa membaca Al-Quran. Pada dasarnya mereka semua sudah bisa membaca Al-Quran. Namun memang masih perlu adanya pembenahan dari aspek makharijul huruf (keluarnya huruf), bacaan panjang, bacaan dengung, dan yang lainnya. Mereka selalu bersemangat, tidak enggan untuk mengulangi belajar dari huruf-huruf hijaiyah.
“Program tahsin Al-Quran ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Quran para mahasiswi yang tinggal di wisma. Pada dasarnya mereka sudah bisa baca Al-Quran namun masih perlu dibenahi dan ditingkatkan,” kata Dwi Pujiyanto.
Dalam pembelajaran tahsin Al-Quran ini, Dwi Pujiyanto menggunakan metode pembelajaran Al-Quran metode UMMI. Ia sendiri sudah mengikuti program tahsin dari UMMI Foundation Surabaya dan mendapatkan lisensi atau sertifikasi sebagai guru Al-Quran. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kang Dwi I Inspirasi Indonesia

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini