Kamis, 02 Juli 2020

Selamat Milad ke-22 Rumah Zakat

Dwi Pujiyanto, Relawan Inspirasi Rumah Zakat Desa Berdaya Dukuh, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga
Usianya sudah menginjak 22 tahun, padahal start dari 0 tahun dengan misi membantu ummat. Bermula dari majelis taklim yang mempunyai kepedulian untuk jamaah dan tetangga yang papa membutuhkan uluran tangan di tengah krisis 1998. Kini, Rumah Zakat sudah tersebar seluruh nusantara dan bahkan sudah menebarkan kebaikan ke lebih dari 32 negara di dunia. Kalau mulai 0 tahun start sudah menebar kebaikan, maka berapa panjang rangkaian kebaikan itu bila diulur hingga 22 tahun di tahun ini. Fantastik!
Saya saja yang baru 3 tahun bergabung di Rumah Zakat menjadi Relawan Inspirasi Rumah Zakat dan mendapatkan amanah membina di Desa Berdaya Dukuh sangat bisa merasakan. Mulai dari mengajarkan ibu-ibu lansia belajar mengenal huruf hijaiyah, mengejanya, dan sekarang sudah bisa membacanya meskipun masih terbata-bata belum mahir seperti Muzamil Hasballah. Namun, yakin mereka mendapatkan dua pahala sebagaimana yang Rasul sabdakan.
Tidak hanya itu, kami bisa masuk masjid ke masjid untuk berbagi untaian hikmah dan ilmu agama kepada masyarakat. Dan mereka sangat menyambut itu dengan baik. Perasaan itu semakin dahsyat, ketika menyaksikan masyarakat berubah menjadi lebih baik seperti tanah gersang yang kemudian mendapatkan tetesan-tetesan air sejuk yang menyejukkan. Hati menjadi nyess, hampir merasa tidak percaya. Ya, Allah ternyata diri ini bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Rangkaian doa yang tulus tidak menunggu lama selalu lepas dengan ikhlas dari masyarakat penerima manfaat.
Begitulah sedikit atau bahkan sebagian debu kemanfaatan yang saya rasakan bergabung dengan Rumah Zakat. Mungkin setiap orang bisa membentuk lembaga atau bergabung dengan lembaga. Namun, tidak semua lembaga yang mereka bentuk atau mereka bergabung di dalamnya mempunyai visi misi menolong, membantu, memberikan solusi, menjembatani, dan memberdayakan orang lain. Mungkin hanya sekadar hobi bahkan malah hura-hura di sana-sini, naudzubillah. Tapi bergabung di lembaga Rumah Zakat dihadapkan dengan ladang kebaikan yang luas seluas samudra lepas. Setiap bangun dari tidur malam, pikiran melayang untuk menyelesaikan agenda-agenda kebaikan yang terjadwal. Maka tak ayal bila tembok rumahnya bertuliskan jadwal pembinaan, majelis taklim, kunjungan, penyaluran, dan silaturrahim ke penerima manfaat/masyarakat. Pasti semua Relawan seperti saya merasakan hal itu.
Di usinya yang ke-22 ini, dengan tulus saya sangat berterima kasih dipanggil dan diizinkan bergabung di Rumah Zakat. Terima kasih juga kami sampaikan kepada para donatur, sobat relawan lainnya yang saling memotivasi serta menginspirai, para penerima manfaat dengan ketulusan doa-doanya, dan kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan kepada kami. Satu kebaikan yang mengalir akan terus mengalirkan kran-kran kebaikan yang lain. Semoga Allah senantiasa membukakan pintu-pintu kebaikan dan keberkahan-Nya kepada kita semua. Aamiin Yaa Rabbal'alamin...
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kang Dwi I Inspirasi Indonesia

Diberdayakan oleh Blogger.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini